INOVASI APLIKASI SIM PELAPORAN – Early Warning Report (EWaR)

Aplikasi SIM Pelaporan atau SIMPel merupakan aplikasi yang digunakan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta untuk melakukan Monitoring & Evaluasi kegiatan yang dilakukan seluruh SKPD di Kota Yogyakarta. Secara rinci aplikasi ini dapat digunakan untuk:

  1. Monitoring dan evaluasi bulanan terhadap realisasi fisik dan keuangan SKPD
  2. Pelaporan untuk program prioritas

Kemudian Bagian Administrasi Pembangunan Setda Kota Yogyakarta telah melakukan pengembangan aplikasi SIM Pelaporan yang disebut EWaR (Early Warning Report). Tujuan pengembangan aplikasi SIMPel ini adalah agar monitoring dan evalusi terhadap kinerja organisasi dapat dilakukan secara tepat waktu sehingga lebih mempermudah dalam pengambilan keputusan dan menentukan tindak lanjut apabila diperlukan.

Selain itu dengan adanya EWaR ini diharapkan mampu dijadikan sebagai alat kerja yang handal serta menjadikan berbagai proses pengawasan dan pelaporan menjadi lebih mudah, cepat, dan efisien karena semua proses terekam secara digital, berdasarkan sumber data yang didapat secara realtime, sehingga memudahkan dalam pemantauan dan pemanfaatannya dapat lebih luas baik oleh Bagian atau pihak eksekutif sebagai dasar pembuatan kebijakan.

Dibawah ini panduan untuk menggunakan Early Warning Report dalam SIM PELAPORAN

  1. Panduan SIMPEL Target Anggaran : download
  2. Panduan SIMPEL Early Warning Reporrt : download
  3. Panduan SIMPEL Realisasi Fisik : download