SOSIALISASI GANDENG-GENDONG DI KEMANTREN MERGANGSAN

Sosialisasi dilaksanakan pada hari Jum’at, 27 Mei 2022 dan bertempat di Pendopo Kemantren Mergangsan, dihadiri oleh pegawai Bagian Administrasi Pembangunan Setda Kota Yogyakarta, Mantri Pamong Praja Mergangsan bersama jajarannya dan perwakilan kelompok Gandeng-Gendong Nglarisi yang telah diundang. Acara sosialisasi dibawakan oleh Ibu Mahawati, S.H. selaku Kasubag Kebijakan Pembangunan. 

Mantri Pamong Praja Mergangsan, Bapak Pargiyat, S.I.P, membuka acara dengan sambutan singkat mengenai penyusunan anggaran Gandeng-Gendong serta efek pandemi yang mulai surut. Kemudian, sosialisasi dilanjutkan pemaparan mengenai aplikasi Nglarisi dari tim Bagian Administrasi Pembangunan kepada perwakilan kelompok sebagai peserta. Dalam kesempatan ini, tidak hanya teknikalitas aplikasi namun juga potensi dari optimalisasi Nglarisi serta berbagai hal yang kerap menjadi penghambat perkembangan usaha kelompok. 

Sesi pemaparan kemudian diikuti penyampaian dari narasumber sosialisasi yaitu Ibu Ririk Banowati, S.H. Sebagai mitra dekat dengan Bagian Administrasi Pembangunan, Ibu Ririk selaku ketua Komisi C DPRD Kota Yogyakarta menyampaikan bahwa permasalahan yang sering disampaikan adalah pencairan dana yang lama serta pemesanan yang tidak terbagi secara berimbang di antara kelompok-kelompok Gandeng-Gendong. 

Setelah sesi narasumber diakhiri, sesi tanya jawab dibuka. Penanya pertama adalah Ibu Arum Setyaningsih dari kelompok Wiraja 16, kemudian Ibu Fitri dari kelompok Maskara, dan terakhir adalah Ibu Sri Pudjiastuti dari kelompok KWT Alamanda. Dari sejumlah pertanyaan, sebagian besar masih beranjak dari persoalan kemampuan kelompok peserta mempergunakan teknologi. Sesi tanya jawab kemudian menjadi diskusi interaktif di antara pengisi acara sosialisasi & kelompok peserta. 

Ibu Mahawati meyakinkan para perwakilan kelompok bahwa aplikasi Nglarisi telah dirancang supaya bisa mudah diakses oleh kelompok Gandeng-Gendong. Optimalisasi aplikasi Nglarisi penting bagi Bagian Administrasi Pembangunan untuk memantau dan mengendalikan program kesejahteraan masyarakat. Bagian Administrasi Pembangunan telah memfasilitasi kelompok Gandeng-Gendong dengan Klinik Nglarisi. 

Sosialisasi Gandeng-Gendong Nglarisi diakhiri dengan pembacaan doa serta penutup dari Ibu Mahawati.