SOSIALISASI OPTIMALISASI PROGRAM NGLARISI

Sosialisasi dilaksanakan pada hari Senin, 30 Mei 2022 dan bertempat di Pendopo Kemantren Gedongtengen, dihadiri oleh pegawai Bagian Administrasi Pembangunan Setda Kota Yogyakarta, Mantri Pamong Praja Mergangsan bersama jajarannya dan perwakilan kelompok Gandeng-Gendong Nglarisi yang telah diundang. Sosialisasi di Gedongtengen merupakan yang kedua dari rangkaian sosialisasi Nglarisi yang sebelumnya diadakan di Mergangsan pada Jum’at, 27 Mei lalu.
Bapak Drs. Ananto Wibowo, M.I.P, selaku Mantri Gedongtengen membuka acara dengan sambutan singkat mengenai berbagai problematik yang dihadapi kelompok Gandeng-Gendong di kemantriannya. Kemudian, sosialisasi dilanjutkan pemaparan dasar mengenai aplikasi Nglarisi dari tim Bagian Administrasi Pembangunan kepada perwakilan kelompok sebagai peserta. Dalam kesempatan ini, kembali dijelaskan mengenai kemudahan mendaftar aplikasi Nglarisi, dan hal-hal yang menjadi penghambat dari potensi mengembangkan usaha melalui Gandeng-Gendong.
Sesi pemaparan kemudian diikuti penyampaian dari narasumber sosialisasi yaitu Anggota DPRD Kota Yogyakarta, Bapak Bambang Seno Baskoro. Bapak Seno menjelaskan kesempatan bagi pelaku usaha Gandeng-Gendong di Gedongtengen untuk memperluas pasar mereka ke lingkungan DPRD Kota Yogyakarta. Sedikit di luar topik Gandeng-Gendong, Bapak Seno juga menampung sejumlah masukan masyarakat untuk menjadi bahan pembahasan DPRD.
Setelah sesi narasumber diakhiri, sesi tanya jawab dibuka. Pertanyaan dari peserta sosialisasi beragam dari kemudahan akses Nglarisi hingga kesempatan untuk subsidi bagi pelaku usaha Gandeng-Gendong. Sesi tanya jawab kemudian menjadi diskusi interaktif di antara pengisi acara sosialisasi & kelompok peserta.
Ibu Mahawati meyakinkan para perwakilan kelompok bahwa aplikasi Nglarisi telah dirancang supaya bisa mudah diakses oleh kelompok Gandeng-Gendong. Optimalisasi aplikasi Nglarisi penting bagi Bagian Administrasi Pembangunan untuk memantau dan mengendalikan program kesejahteraan masyarakat. Bagian Administrasi Pembangunan telah memfasilitasi kelompok Gandeng-Gendong dengan Klinik Nglarisi.
Sosialisasi Gandeng-Gendong Nglarisi diakhiri dengan pembacaan doa serta penutup dari Ibu Mahawati.