SOSIALISASI OPTIMALISASI PROGRAM NGLARISI KEMANTREN MANTRIJERON

Sosialisasi dilaksanakan pada hari Selasa, 14 Juni 2022 dan bertempat di Pendopo Kemantren Mantrijeron, dihadiri oleh pegawai Bagian Administrasi Pembangunan Setda Kota Yogyakarta, perwakilan kelompok Gandeng-Gendong Nglarisi serta Anggota Dewan Yogyakarta Bapak Afwan selaku narasumber yang telah diundang. Sosialisasi di Mantrijeron merupakan yang ketiga dari rangkaian sosialisasi Nglarisi bulan Juni setelah sebelumnya telah dilaksanakan di Gondokusuman dan Pakualaman.
Sayangnya Mantri Pamong Praja Mantrijeron belum sanggup menghadiri acara karena adanya kepentingan lain. Sosialisasi dimulai dengan pemaparan dasar mengenai aplikasi Nglarisi dari tim Bagian Administrasi Pembangunan kepada perwakilan kelompok sebagai peserta. Dalam kesempatan ini, kembali dijelaskan mengenai anggaran yang masih belum terserap untuk program Gandeng-Gendong masih tinggi.
Sesi pemaparan kemudian diikuti penyampaian dari narasumber sosialisasi yaitu Anggota DPRD Kota Yogyakarta, Bapak Afwan. Bapak Afwan menjelaskan kesempatan bagi pelaku usaha Gandeng-Gendong di Mantrijeron untuk memperluas pasar mereka ke lingkungan DPRD Kota Yogyakarta. Kemudian, Bapak Afwan membuka forum untuk menjadi tempat diskusi yang lebih interaktif.
Setelah sesi narasumber diakhiri, sesi tanya jawab dibuka. Pertanyaan dari peserta sosialisasi beragam dari kemudahan akses Nglarisi hingga kesempatan untuk subsidi bagi pelaku usaha Gandeng-Gendong. Sesi tanya jawab kemudian menjadi diskusi interaktif di antara pengisi acara sosialisasi & kelompok peserta.
Ibu Mahawati meyakinkan para perwakilan kelompok bahwa aplikasi Nglarisi telah dirancang supaya bisa mudah diakses oleh kelompok Gandeng-Gendong. Optimalisasi aplikasi Nglarisi penting bagi Bagian Administrasi Pembangunan untuk memantau dan mengendalikan program kesejahteraan masyarakat. Bagian Administrasi Pembangunan telah memfasilitasi kelompok Gandeng-Gendong dengan Klinik Nglarisi.
Sosialisasi Gandeng-Gendong Nglarisi diakhiri dengan pembacaan doa serta penutup dari Ibu Mahawati.